DiDuga Pelayanan Publik PU Papua Barat Tidak Maksimal,Akibat Rangkap Jabatan

DIDUGA PEJABAT RANGAKP JABATAN PELYANAN DINAS PU PAPUA BARAT TIDAK MAKSIMAL


MANOKWARI, TIFAPAPUA.NET-Pelayanan Publik Dinas Pekerjaan Umum (PU) Propinsi Papua Barat tidak maksimal karena memfasilitasi ada pejabat rangkap jabatan di kubuh Dinas PU.
Banyak laporan dari masyarakat, yang sedang kami pantau soal pelayanan beberapa Dinas di Papua Barat salah satunya Dinas PU Papua Barat.Hal itu, disampaikan kepala Ombusmen Perwakilan Papua Barat, Musa Sombuk untuk TifaPapua.net diruang konsultasi, Kamis (16/01/2020) .

Contoh, pelayanan tidak maksimal seperti paket penunjukan langsung (PL) untuk Kontraktor Lokal masih banyak yang belum terbayar, terkait dengan pelayanan yang tidak maksimal. Selain itu, menyalahi peraturan perundang-undangan, rangkap jabatan juga tidak efektif, serta meningkatkan hasil yang dibutuhkan pelayanan publik.
“Tugas pelayanan publik sangat terabaikan,” kata Petrus “Rangkap Jabatan PNS dan Menyoal Profesionalisme ASN”
Sembari Petrus memberi contoh tentang Pejabat yang juga sebagai Dosen.Beberapa tugas, tugasnya sebagai pengajar akan terabaikan.
Persoalan lain, jika ASN rangkap jabatan maka akan timbul kecemburuan sosial rekan kerja.Hal ini, lantaran seseorang yang rangkap jabatan akan mendapat pemasukan dari dua jabatan yang diembannya.
Petrus berharap, aturan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik agar dilaksanakan.
Undang-undang ini menyatakan, terbuka pelaksana pelayanan publik,termasuk pejabat Pemerintah atau ASN jika disetujui, maka ASN ini sedianya,diberikan pembebasan dari jabatannya.
“Solusinya,harus diputuskan peraturan perundang-undangan.Kalau menyatakan tak boleh rebut jabatan, ya jangan cari alasan lagi,”katanya.
“Saya berharap,aturan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik agar dapat diatur.Solusinya,harus diputuskan peraturan perundang-undangan.” Ujarnya.

Untuk kepentingan pemberitaan yang seimbang,tuduh media ini, konfirmasi Kepala Dinas PU Papua Barat Hery.GN.Saflembolo.ST.MT di Kantornya juga menghubungi Via telepon selulernya.Namun,belum mau memberikan komentar. ( Res / Maku)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *