Gubernur Papua Barat Resmikan Kantor Samsat Dan Launching Aplikasi e -mutasi kendaraan e-pendaftaran STNK/BPKB/e -Deliveri STNK/BPKB,

Manokwari ,Tifa Papua Net || untuk memaksimalkan pelayanan masyarakat,di tengah Wabah Covid-19. GubernurPapua Barat Drs.Dominggus Mandacan meresmikian Kantor Samsat dan Launching aplikasi e -mutasi kendaraan e-pendaftaran STNK/BPKB/e -Deliveri STNK/BPKB,selasa,(30/06/2020).

Setiap warga berbangsa indonesia lebih kusus masyarakat Papua Barat wajib dilayani secara baik.Ujarnya”

Pemerintah sebagai pelaku penyelenggara wajib melakukan pelayanan yang maskisimal dan berkualitas bagi warga masyarakat dan biaya yang pantas tepat sasaran,sesuai Pepres nomor 5 RI 2015 tanggal 19 januari 2016, tentang penyelenggaraan sistim administrasi manual satu atap samsat kendaraan bermotor dalam peraturan tersebut samsat wajib memberikan pelayanan registrasi dan indentifikasi kendaraan bermotor juga sumbangan wajib dana kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan secara terintegritasi dan terakomodasi degan cepat dan tepat transparan akuntabel dan informatif.”ungkap gubernur.

Dalam menjalankan proses pelayanan yang maksimal,tentu membutuhkan penyediaan sarana prasarana baik dan kesediaan gedung kantor yang memadai.

” Kami Pemerintah Papua Barat terus berupaya melakukan pembangunan dan meningkatkan pelayanan yang  maksimal kepada masyarakat. “Tuturnya
Pemerintah Provinsi Papua Barat mengapresiasi kepada Polda Papua Barat serta aparat kesamsatan dan
Pimpinan PT. Jasa Raharja
yang terus berupaya dan memberikan pelayanan pajak kendaraan terus melayani wajib pajak dan melakukan komitmenya untuk melayani terus pada masa pandemi covid 19.

Direktur utama samsat dalam sambutannya bahwa dalam kondisi pandemi covid 19 yang melanda Negara Indonesia sehingga melakukan model pelayanan masyarakat yang mengikuti protokol kesehatan.

Peresmian kantor samsat manokwari yang sangat representatif pada masa era new normal pada saat ini,membutuhkan pelayanan yang moderen yang berbasis Informasi Teknologi (IT) dapat mengurangi intentitas pertemuan petugas dan masyarakat.

Sesuai arahan dan bimbingan kapolda papua barat sehingga kami mencoba inplementasikan layanan publik pada era new normal,maka kami menghadirkan layanan
e – Mutasi rangmor Papua Barat ,
e- STNK, e-BPKB
e-Deliveri / STNK/BPKB.

“aplikasi tersebut di download secara gratis dan di khususkan untuk pemohon berkendaraan baik keluar maupun mutasi masuk ke Papua Barat,butuh proses yang relatif lama sehingga terkesan lambat dan membuat penilaian masyarakat terhadap jajaran kepolisian menjadi negatif.”ujarnya.

Dalam hal ini di bantu oleh PT  Pos indonesia yang akan melaksanakan proses pengiriman secara cepat dan aman.
Di sampaikan kepada Gubernur bahwa selain aplikasih tersebut kami juga menyiapkan layanan STNK/BPKB
Kami juga siap meluncurkan progaram BPKB dilektrik adalam sebuah layanan pengiriman BPKB dari kantor lantas polda papua barat kepada pemilik tanpa di pungut biaya atau gratis ongkir.

“Kami merasa bersyukur atas bimbingan dan arahan
Kapolda Papua barat Gubernur Papua Barat,
Pandam VIII papua barat
PT.Pos Indonesia
yang berkenang mendukung kami mamberikan suport dari awal sampai selesai dan ini menjadi manfaat bagi masyarakat.

Kapolda Papua Barat Irjen Pol.Tomagogo Sihombing,S.I.K. M.Si menyapaikan dalam sambutanya bahwa pelayanan lonching merupakan Program mutasi yang mempersepit pelayanan petugas dan masyarakat dalam situasi pandemi covid 19

Program Aplikasi e- mutasi kendaraan,E-pendaftaran STNK/BPKB dan E-deliver STNK/BPKB di lakukan bukan karena pandemi covid,tetapi sebelum lounching sudah di jalankan tahun lalu.Namun,terkendala hal lain sehingga tahun ini juga belum maksimal karena bertepatan dengan covid-19,”ungkapnya.

Sebagai informasi tambahan bahwa aplikasi tersebut belum terdapat pada polda lain,karena belum siap.Sementara, Polda Papua Barat yang pertama kali gunakan aplikasi ini.”ujar Kapolda.

Kapolda dalam penyampaiannya berharap setelah di lounching program tersebut,berjalan lebih baik dari sebelumnya.Dan pelayanan kepada masyarakat semakin cepat dan maksimal”harapnya. (MW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *