Sikapi Nasib Karyawan.Komis B dan Disnaker Bintuni Panggil Kontraktor

Bintuni,TifaPapua.net || menindaklanjuti aspirasi sejumlah karyawan yang di PHK.Komisi B DPRD Kabupaten Teluk Bintuni bersama dinas tenaga kerja akan panggil subkontraktor Tren III LNG Tangguh.

“Setelah kami audiensi (kunjungan) dengan KNPI Teluk Bintuni bersama sejumlah  Karyawan yang mendapat pemutusan hubungan kerja (PHK) dari pihak sub kontraktor pada proyek train III LNG TANGGUH , Komisi B DPRD Kabupaten Teluk Bintuni akan panggil melakukan pertemuan (Rapat) dengan Dinas Tenaga kerja (Disnaker) Kabupaten Teluk Bintuni guna membahas nasib Pekerja asal Bintuni”Ujar Ketua Komisi B Markus Maboro kepada saat di wartawan,diruang kerjanya,Senin (7/7/2020)

Menanggapi hal tersebut,Markus dalam penjelasannya mengatakan,Sebelumnya, pada tanggal 23 Juni Kami bersama Ketua KNPI Teluk Bintuni dan sejumlah karyawan yang di PHK melakukan pertemuan salah satu yang di bahas persoalan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap sejumlah karyawan asal Bintuni oleh subkontraktor Tren III LNG Tangguh,”kata Ketua Komisi B.

Untuk menindaklanjuti,hasil audensi KNPI dan Karyawan yang di PHK tersebut,Komisi B akan mendalami persoalan besok, Selasa (8/7).

Persoalan ini baru kita dengar sepihak,karyawan yang di PHK , secara teknis ini kan ranahnya disnaker untuk itu kita undang mereka datang bersama karyawan yang di PHK itu,”sebut Markus.

Selanjutnya setelah melakukan kordinasi dengan Disnaker, kemudian kita akan panggil sub kontraktor, “ada tujuh sub kontraktor termasuk Perusda Bintuni” ucap Ketua .

Pada kesempatan itu juga, Ketua Komisi meminta kepada semua pihak sub kontraktor agar segera membuat kantor cabang di wilayah Bintuni.

”Minggu sebelumnya,kami sudah lakukan pertemuan dengan Badan Pembentukan Perda.Untuk mengumpulkan data dengan menginventarisasi rancangan perda di tahun ini salah satunya adalah pihak perusahaan wajib membangun kantor cabang di Bintuni,” tegas Markus.

Kata ketua Komisi B bahwa,dalam tahun ini pihaknya akan menetapkan draff yang mengatur hal itu.sehingga,kedepan DPRD bisa mempermudah komunikasi atau membahas hal-hal yang berkaitan dengan pekerja,termasuk juga persoalan lain yang berkaitan dengan visi dan misi dari sub kontraktor tersebut, pungkasnya.
Untuk itu,Ia berharap semua pihak terutama subkontraktor sebagai pengguna tenaga kerja agar proaktif untuk memberikan informasi dan data yang di butuhkan juga  penjelasan kepada pihak DPR dalam hal ini komisi B yang membidangi Tenaga Kerja.Harapnya.”(Nal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *