Massa ARAB,Desak Penegak Hukum Usut Tuntas Dugaan Korupsi Di Raja Ampat


Massa ARAB,Desak Penegak Hukum Usut Tuntas Dugaan korupsi di Raja Ampat

Waisai,Tifapapua || Ratusan massa yang tergabung dalam Aliansi Raja Ampat Bersatu (Arab),berunjuk rasa di depan kantor Mapolres Raja Ampat.Selasa,(2/02/2021).

Aksi Arab ini,menunjukan sikap kritis terhadap sejumlah kasus korupsi di Raja Ampat,yang dinilai jalan ditempat.

Aksi massa tersebut,juga membentangkan sejumlah spanduk yang bertuliskan Tangkap Koruptor Uang Rakyat dan pemotongan Dana Desa.Mereka (Arab),mendesak Polres Raja Ampat segera menangkap beberapa orang yang patut diduga melakukan tindak pidana korupsi,terhadap uang rakyat yang tertuang jelas dalam laporan sebelumnya.

Pasalnya,mendesak kapolres beserta jajaran polres raja ampat agar segera usut tuntaskan kasus korupsi yang merugikan masyarakat Raja Ampat.”ungkap Alberd Mayor.

Dalam sesi aksi,Aliansi Raja Ampat bersatu,bersama Polres,melakukan penandatanganan petisi,yang didalamnya termuat data kasus korupsi antara lain,Kasus korupsi septick tank oleh oknum ASN sebesar Rp 7,2 Milyar Pada dinas PU kabupaten raja ampat.Kasus korupsi jalan lingkar Waigeo (JLW),sumber dana APBN 33 Milyar Rupiah.Dugaan korupsi normalisasi kali Waisai senilai 3,5 Milyar Rupiah yang bersumber anggaran APBN pelaku belum di proses.Dugaan Penyalahgunaan dana Otsus.Dugaan penyalahgunaan dana covid19.

Manipulasi data hasil tes CPNS formasi 2018 oleh oknum pejabat Pemda kabupaten raja ampat,serta dugaan penyalahgunaan kekuasaan oleh bupati Abdul faris umlati bagi hak-hak seluruh ASN dan honorer dilingkungan Pemda raja ampat tahun 2020.

“Sekali lagi saya (Albert Mayor) sebagai ketua Arab minta Polres Raja Ampat,kejaksaan negeri kota sorong,Kejaksaan tinggi papua barat,komisi pemberantasan korupsi (KPK) Republik indonesia,Mahkama agung Republik Indonesia,mahkama konstitusi Republik Indonesia

Agar segera memperhatikan,serta mengusut tuntas kasus-kasus yang sudah kuat bukti,namun tidak ada penyelesaian,sehingga terkesan “Hukum tajam kebawah tetapi hukum tumpul keatas.”

Dalam penyampaiannya,Ketua Aliansi Raja Ampat Bersatu Albert Mayor,meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),membantu Polda Papua Barat mengusut tuntas korupsi yang terjadi di Raja Ampat.”

“Dengan tegas,saya minta agar kasus dugaan korupsi disini (Raja Ampat),segera tuntaskan,kejahatan terstruktur secara masif disini dan tangkap orang-orang yang terlibat.”tegasnya.

Masyarakat Raja Ampat yang terdiri dari 24 distrik,117 kampung dan 4 kelurahan sangat mendambahkan perubahan.

“Segera tangkap orang-orang yang terlibat. Jangan sampai kasus korupsi ini mencoreng citra penegak hukum Indonesia,” pungkas dia.

Sementara itu,Kapolres Raja Ampat AKBP.Andre JW Manuputi SIK,dalam menanggapi aspirasi aksi tersebut,mengatakan, beberapa perwakilan dari Aliansi Raja Ampat bersatu (Arab) sudah membahas apa yang menjadi aspirasi.

“Saya, sudah mendiskusikan semuanya yang mana dalam hal ini, ada empat hal yang perlu untuk dijelaskan yang pertama Septik tank,sudah ditangani oleh kejaksaan sorong dan kejati papua barat.Kemudian,normalisasi kali langsung di tangani polda papua barat dari tahun 2016.Sedangkan,Kasus jalan lingkar waigeo (JLW),tahun 2016 yang ditangani KPK,Serta laporan pada bulan desember,hasil CPNS formasi 2018.

Selain itu,kasus CPNS Saya berjanji kepada bapa-bapa sekalian terutama pihak pelapor,bahwa SP2HP tentang perkembangan proses penyelidikan,akan disampaikan ke alamat pelapor”ungkap,Andre Manuputi.

“Jadi laporan,yang masuk berupa pengaduan,yang sudah dilaksanakan penyeledikan berdasarkan hasil pemeriksaan terhadap saksi,kemudian akan dilakukan gelar perkara,untuk menentukan kasus tersebut dapat ditingkatkan menjadi penyidikan atau di hentikan.”pungkasnya.

Kapolres bersama jajarannya,berkomitmen untuk menuntaskan sejumlah kasus yang disuarakan oleh massa Arab.

Dalam kesempatan itu,Kapolres juga mengaku bangga dan berterimakasih kepada masyarakat yang tergabung dalam aksi massa Aliansi Raja Ampat Bersatu (Arab) yang telah menyampaikan aspirasinya secara santun.Semoga ini, menjadi contoh aksi yang baik bagi daerah lain,terlebih khusus wilayah hukum Papua Barat.”Pungkas AKPB,Andre Manuputi,SIK.mengakhiri penyampaiannya.(Tim)

Massa ARAB,Desak Penegak Hukum Usut Tuntas Dugaan korupsi di Raja Ampat

massa yang tergabung dalam Aliansi Raja Ampat bersatu (Arab)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *