Penambang Emas Ilegal,Kembali Rambah Papua Barat



Kepala Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral Provinsi Papua Barat,Yohan Abraham Tulus,SH.MH.

Manokwari,Tifa Papua || sempat digiring keluar,aktivitas penambang Mas Ilegal kembali merambah sejumlah lokasi di Papua Barat.

Kepala Dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral Provinsi Papua Barat,Yohan Abraham Tulus,SH.MH.Kepada awak media,diruang kerjanya,Selasa (2/02/2021),mengatakan,aktivitas penambangan di beberapa lokasi di wilayah Papua Barat merupakan penambangan secara Ilegal.

Semua lokasi tambang mas belum ada yang mengantongi Izin baik daerah maupun pusat,maka itu penambangan Emas Ilegal.”sebut kadis.

“Sempat bekerjasama dengan Polda Papua Barat,turun ke lokasi penambangan dan selanjutnya meminta keterangan ahli untuk proses penyelidikan.Kalau ada,yang melakukan aktivitas penambangan lagi,maka itu Ilegal.”

Salah satunya,penambangan emas di lokasi kampung Manyambo juga belum memiliki izin,termasuk lokasi lainnya di beberapa daerah di Papua Barat.

Pasalnya,ada pengelola tambang melalui masyarakat pemilik lokasi mengajukan permohonan untuk terbitkan izin penambangan Emas,namun tidak semuda membalik tapak tangan.Artinya,bahwa mengeluarkan izin penambangan bukan hal yang mudah,bukan hanya dinas Energi Dan Sumber Daya Mineral,tetapi ada juga SKPD lain,seperti dinas lingkungan hidup.Aktivitas penambangan sangat beresiko,bila tidak melalui prosedur yang benar.”pungkasnya.

Untuk itu,di himbau kepada semua aktivitas penambangan emas ilegal,segera dihentikan.Kewenangan penindakkan,ada pada pihak kepolisian.”katanya.(Res)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *