Keberadaan SMAN Taruna Manokwari,Menuai Polimik Berbeda

Kepala Dinas Pendidikan Papua Barat,Abdul Fatah,S.Pd.MM.

banner 468x60

MANOKWARI,TIFA PAPUA  || Menyikapi dua pandangan berbeda, tentang keberadaan SMAN Taruna Kasuari Nusantara Manokwari.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat,Abdul Fatah,S.Pd,MM.mengatakan,bahwa keberadaan SMAN Taruna Kasuari Nusantara,di manokwari sangat berguna bagi dunia pendidikan khususnya di Papua Barat.

banner 336x280

“Sekolah ini,mampu menampung anak didik unggul cukup banyak dan jumlah 80% adalah anak-anak orang asli Papua.Artinya,bahwa anak-anak Papua akan diolah menjadi generasi yang cerdas,dan cemerlang menjadi generasi emas di masanya”Ujar,Abdul Fatah kepada media ini,diruang kerjanya.Selasa,(18/07/2023).

Namun,keberadaan SMAN Taruna Kasuari Nusantara juga menjadi pertanyaan di masyarakat,tetapi perlu dipahami bahwa Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 106 Tahun 2021 tentang Kewenangan dan Kelembagaan Pelaksanaan Kebijakan Otonomi Khusus Provinsi Papua.Maka,perlu ditinjau baik secara normatif maupun non normatif agar arti kekhususan dapat dimaknai secara baik dan bijaksana.

“Jadi keberadaan sekolah tersebut masih dikelola oleh Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat berlandaskan aturan PP Nomor 106 Tahun 2021 serta regulasi lainnya.”

Memang keberadaan SMAN Taruna Kasuari Nusantara dan sekolah keolaragaan masih menjadi polimik karena dua pendapat yang berbedah.Terkait,pembiayaan dan pengelolaan SMA Taruna 100% saat ini,dibiayai oleh Pemerintah Provinsi Papua Barat.”ungkap kepala dinas.

Lebih lanjut dia mengatakan,bahwa untuk memperkuat itu,maka perlu dibuatkan satu regulasi Dinas Pendidikan Provinsi Papua Barat dan diperkuat oleh peraturan Gubernur yang kemudian diulas di pusat agar anak-anak kita tidak menjadi korban.

Apa artinya,aturan khusus bagi Papua diberikan tetapi kewenangan dan regulasi khusus pendidikan masih menjadi kewenangan dipusat.”tegasnya.( Res )

banner 336x280

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *