Pemuktahiran Data Pemilih,KPU Gelar Rapat Bersama Stakeholder Raja Ampat

Waisai,TIfapapua.net –Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB),Komisi Pemilihan umum (KPUD) Raja Ampat menggelar rapat bersama stakeholder di Raja Ampat,bertempat di Aula kantor KPU.Senin,(31/1/2022).

ketua KPU,Steven Eibe,S.STP,mengatakan,bahwa rapat dengan melibatkan stakeholder, terkait dalam proses pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih, akurat dengan mencatat secara lengkap informasi daftar pemilih, responsif terkait cepatnya merespon tanggapan dan menerima masukan terkait daftar pemilih, serta partisipatif dari stakeholder untuk meningkatkan kualitas pemilih.”ungkapnya.

“Rapat koordinasi ini,untuk mendapatkan masukan dari para stakeholder sesuai ketentuan rapat,dilaksanakan setiap tiga bulan sekali.Guna meningkatkan,data pemilih yang akurat, komprehensif dan mutakhir”

Menurutnya,koordinasi tersebut berdasarkan pada pasal 10 peraturan KPU Nomor 6 tahun 2021 tentang Pemuktahiran Data Pemilih Berkelanjutan.

Dalam pemaparan materi,Kepala Bidang Divisi Data dan Informasi memaparkan hasil progres pemuktahiran Data Pemilih berkelanjutan,bulan desember 2021 hingga Januari 2022.

Dikatanya,KPU Raja Ampat dalam penyelenggaraan pemuktahiran data pemilih berkelanjutan dengan berlandaskan data pemilih berkelanjutan yang komprehensif,inklusif,akurat,mutakhir,terbuka, responsif,Partisipatif,dan perlindungan terhadap data pribadi.”Ujar,Layli.

“Rapat kordinasi KPU bersama Stakeholder sebagaimana ketentuan pasal 2 ayat (1) Peraturan KPU Nomor 6 tahun 2021 tentang pemuktahiran data pemilih berkelanjutan,”ungkapnya.

Katanya,pemuktahiran data pemilih berkelanjutan,bertujuan untuk memelihara,memperbaharui,dan mengevaluasi DPT Pemilu atau Pemilihan terakhir secara terus-menerus dan berkelanjutan yang digunakan untuk penyusunan DPT pada Pemilu dan/atau Pemilihan berikutnya,serta menyediakan data dan informasi Pemilih secara komprehensif,akurat dan mutakhir.”ujarnya.

Rapat koordinasi dilaksanakan secara tatap muka di aula KPU Raja Ampat.Dihadiri,oleh Pimpinan Partai Politik,Kepala DisDuk Capil Raja Ampat,Abubakar Alhamid,Ketua Bawaslu Raja Ampat,Markus Rumsowek,Direktur RSUD Raja Ampat,Meidi Maspaitella,Perwakilan Dandim 1805/RA,dan Polres Raja Ampat,Sekretaris KPU,Sutini,Komisioner KPU,Arsyad Sehwaki,kepala Subbagian,serta staf Bagian program dan data KPU Raja Ampat.Kegiatan tersebut,dilaksanakan dengan menerapkan protokoler Covid-19.”(REK)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *